Kamis, 07 Juni 2012

Gunung Buttu Kabobong (Enrekang)


            Jamrud Kathulistiwa, tak salah memang julukan itu diberikan kepada negeri ini. Memang indah mempesona alam Indonesia. Juga kaya raya. (tapi siapa yang menikmati ya??)
Bambapuang adalah desa yang terletak di Kab. Enrekang, Sulawesi Selatan. Jika akan ke Tana Toraja dari arah Makassar, tentu akan melewatinya. Selepas dari kota Enrekang ke arah Tana Toraja, kita akan melewati sederetan warung-warung di kanan jalan. Coba berhentilah di sana. Sambil menikmati minuman hangat kita bisa menyaksikan indahnya pemandangan Gunung Nona.

Nama asli Gunung Nona sebenarnya adalah Gunung Buttu Kabobong. Kata kabobong dalam bahasa lokal berarti "sesuatu yang selayaknya disembunyikan". Orang dari luar area, daripada susah susah menyebut Buttu Kabobong, lalu menyebutnya sebagai Gunung (maaf) Vagina.Karena kurang enak di dengar, kemudian disebut sebagai Gunung Nona.

Gunung Buttu Kabobong menjadi salah satu daya tarik obyek wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Enrekang yang mempunya jarak tempuh dari Kota Makassar -+ 281KM, dan bagi anda yang berminat untuk mampir sejenak sambil beristirahat diseputaran Buttu Kabobong

Lokasi gunung Buttu Kabobong dapat ditempuh dengan jarak sekitar 16 km dari kota Enrekang arah utara menuju Tana Toraja. Iklim diseputaran pegunungan ini sangat dingin, kebanyakan tourist yang menuju Tana Toraja berhenti sejenak dibeberapa warung dan penginapan yang ada disekitar gunung Buttu Kabobong, hanya untuk menikmati pemandangan area pegunungan dan suguhan kopi Kotu atau penganan kue tradisional khas Masserengpulu dep’pa tetekan atau masyarakat Toraja biasa menyebutnya dep’pa Tori, kue yang terbuat dari tepung beras dicampur gula merah sangat kental ciri khas makanan tradisionalnya. Perjalanan ini sangat mengasyikkan dan menyadarkanku akan kebesaran Tuhan dengan segala ciptaannya.

sumber : www.adirafacesofindonesia.com

Diposkan Oleh: Siti Hajjah Pasri     no.stambuk: 105 310 1675 10
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar